Sabtu, 01 Januari 2022

Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

 

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis atau cinnamon adalah jenis rempah alami yang dapat memperkuat daya tahan tubuh karena kaya akan antioksidan dan biasanya kayu manis sering ditemukan dalam bentuk batang atau bubuk.  Indonesia kaya akan rempah-rempah tradisional yang banyak memiliki khasiat atau manfaat yang berguna untuk kesehatan, salah satunya adalah kayu manis.

Kita selama ini hanya mengetahui manfaat kayu manis sebagai bumbu masakan karena citarasanya yang khas.  Namun kayu manis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui orang.

Berikut beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan :

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat kayu manis adalah melancarkan sirkulasi pembuluh darah dan meningkatkan kinerja otot jantung.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut beberapa penelitian tentang khasiat kayu manis ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).  Kolesterol jahat (LDL) yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena berpotensi menyumbat pembuluh darah.  Ini bisa disebabkan faktor keturunan ataupun pola hidup yang tidak sehat.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Rasa khas kayu manis yang ringan sering digunakan di manisan olahan sebagai pemanis alami dan pengganti gula.

4. Mengandung Banyak Antioksidan

Manfaat kayu manis yang kaya akan antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakkan.  Bahkan saking tingginya akan antioksidan kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

5. Mencegah Infeksi Bakteri Dan Jamur

Manfaat kayu manis untuk kesehatan salah satunya mencegah pertumbuhan bakteri dan fungi dalam tubuh.  Kayu manis memiliki komponen aktif Cinnamaldehyde, yang dapat meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai jenis infeksi seperti Listeria dan Salmonella.

6. Memiliki Kandungan Anti Inflamasi

Rasa tidak nyaman dari inflamasi atau peradangan ini dapat mengganggu aktivitas keseharian kamu.  Dengan konsumsi teh kayu manis, rasa hangat dari rebusan air kayu manis bermanfaat meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh.

7. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Insulin memiliki peran utama dalam tubuh untuk mengatur metabolisme dan energi, sebagian orang mengalami resistensi insulin tanpa menyadarinya.  Kondisi ini menyebabkan tubuh menghasilkan insulin berlebihan, sehingga orang cepat lapar dan naik berat badan.

Cara mudah mencegah resistensi insulin adalah dengan mengonsumsi rempah kayu manis. Kayu manis dipercaya dapat memperbaiki fungsi hormon insulin sehingga mencegah diabetes dan obesitas.

8. Mencegah Kanker

Menurut penelitian, kayu manis bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan juga mengobati penderita kanker.  Properti antitumor dan antikanker dalam kayu manis berpotensi mengaktifkan respons antioksidan dan enzim yang berfungsi mendetoksifikasi usus.

9. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Minyak kayu manis digunakan untuk mengobati masalah pencernaan.  Rasa hangat dan pedas dari kayu manis dipercaya berkhasiat menangkal berbagai virus dan kuman penyakit pada pencernaan.

10. Mengurangi Resiko Penyakit Neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson dapat dicegah sejak dini. Menurut para peneliti, kandungan ekstrak dalam kayu manis bisa mencegah penumpukkan protein berbahaya dalam otak yang sering ditemukan di pasien Alzheimer.  Manfaat kayu manis lainnya adalah berpotensi melindungi sel saraf otak (neuron) dan meningkatkan fungsi motorik, terutama bagi penderita Parkinson.

11. Menstabilkan Kadar Hormon

Beberapa gejala seperti susah tidur, berat badan naik, letih lesu, dan masalah fertilitas bisa disebabkan oleh hormon yang tidak stabil. Kayu manis kerap digunakan sebagai obat herbal alami untuk meringankan gejala tersebut.

Demikianlah sharing informasi tentang manfaat kayu manis untuk kesehatan dan sistem kekebalan tubuh manusia, yang bisa bloggermalam bagikan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Load disqus comments

0 comments

Budidaya Porang Kegunaan Dan Manfaatnya

  Budidaya tanaman porang di Kabupaten Balangan Provinsi Kalimnatan Selatan sedang marak karena potensinya yang sangat tinggi terutama untuk...